Senin, 28 November 2011

Tak Ada Draconids, Orionids pun Jadi

Rasi Orion

Dear, Badai Meteor Draconids 

Taukah kamu? Semalam tadi aku menangis, menantimu, menunggumu .. 


Hiks hiks, mimin lagi galau nih, abis kita yang di Indonesia ga bisa ngamat puncak badai meteor Draconids, padahal mimin udah ngarep banget, sampe dibelain pulang kampung malah ..

Draconids, kau benar-benar pemberi alamat harapan palsu!!! #JengJengJeeng :’(

Ahh, sudahlah, untungnya banyak yang senasib dengan mimin. Umm, btw kok bisa senasib gitu yah? Jangan-jangan kita jodoh! Jadian yuks! :* #Halah #ApasihMin #Abaikan



Oke, kita move on! Abaikan Draconids!


Nah, kabar baiknya di bulan Oktober ini masih ada hujan meteor yang bakal ngehibur jiwa-jiwa pecinta angkasa. Dia adalah .. hujan meteor Orionids #ProkProkProk

Kalo hujan meteor Orionids ini nih bisa kelihatan dari tanggal 15 – 29 Oktober, tapi puncaknya baru tanggal 22 Oktober. Peristiwa ini terjadi tiap taun waktu Bumi lewat di deket orbit komet Halley yang banyak terdapat debu dan kerikil. Debu dan kerikil ini yang nantinya ketarik gravitasi Bumi terus bergesekan dengan atmosfer sampe akhirnya memanas dan berpijar, kemudian tiba-tiba .. tara! terlihatlah meteor!

Eh tapi kok di orbit komet bisa ada debu dan kerikil gitu Min? Emang ada yang lagi bangun rumah sampe bahan material berserakan gitu?

Emm, jadi gini, kan komet bergerak dalam orbit dengan misi ke barat mengambil kitab suci mengelilingi Matahari. Dalam perjalanan tuh komet bukannya bebas hambatan, tapi dia aka si komet harus ngehadapi setidaknya 2 masalah fisika. Apa itu? Masalah itu adalah gaya tidal dan non-tidal. Gaya-gaya itu yang bikin komet terkikis bahkan terpecah belah dalam perjalanannya. Jadilah di orbit komet itu banyak bahan material gitu.

Gaya tidal dan non tidal itu apaan Min? Penasaran nih!

Gaya tidal itu gaya pasang surut gravitasi yang ngebebani komet kalo dia lewat di deket obyek lain yang punya gravitasi besar, contohnya planet. Jadi satu sisi komet yang jauh dari planet (ga nerima gaya gravitasi) cenderung lembam, sedangkan sisi yang dekat (nerima gaya pasang surut gravitasi) akan ketarik sehingga komet itu labil laksana ABG lalu terkikis bahkan pecah karena beda gaya yang dialami komet.

Emm, ngomong-ngomong dua sisi komet barusan ibarat nafsu dan nurani manusia deh! Nafsu adalah sisi komet yang terbebani gaya tidal dan cenderung tertarik kesana kemari, sedangkan nurani adalah sisi komet yang lembam dan kokoh pada pendirian. Nafsu yang bikin manusia pengen begini-begitu, kesana-kemari, sedangkan nurani yang mengkonfirmasinya. Kalo nafsu dan nurani beda arah, kacaulah manusia itu. #Emm #OkelahMin!! 

Kalo gaya non-tidal adalah terjangan angin surya (angin matahari) yang terus menerpa komet. Angin surya ini menyebabkan komet kekikis dan ninggalin serpihan-serpihan kecil di orbitnya. Makin dekat ke Matahari, makin kenceng pula angin surya, makin banyak bagian komet yang terkikis, makin kotor orbit tadi, dan makin panjang ekor kometnya.

Buat tahun ini, Orionids bakal ngehasilin kira-kira 20an meteor per jam, jadi kalo kalian ndongak lihat langit selama 1 jam, kalian bakal lihat 20an meteor lewat, ya itu pun moga moga sih, muahuahua :D *Tawa layaknya Perompak*

Lanjut, buat kalian yang masih pengen ngamat, bangun aja pagi-pagi tanggal 22 Oktober nanti, sebelum subuh lah kira-kira. Kalo udah bangun, cari tempat gelap dan medan pandang luas, terus lihat deh langit khususnya rasi orion yang jadi pusat hujan meteornya.

Dimana rasi orionnya Mimin? Itu tuh tepat di atas kalian! Yang ada 3 bintang berjejer, itu sabuk orion namanya.

Perlu teleskop ga Min? Halah, teleskop? Buat apa teleskop kalo kamu punya kamera tercanggih di alam semesta, kedua matamu! ^^

Oke, udah jelas kan? Kalo belom tanya aja kali! Ingat kata pepatah, “Malu bertanya, sesat di UN!” #NakutNakutin #BiarBanyakYangKomentar *Kabur* :p

sumber : http://www.kalenderastronomi.com

0 komentar:

Posting Komentar