Minggu, 27 Mei 2012

Galaksi yang Lebih Besar 2 Milyar Kali dari Matahari


WartaNews, Jakarta - Galaksi itu dinamai El Gordo, atau dalam bahasa Spanyol berarti Si Gemuk.

Para astronom yang menggunakan Teleskop Kosmologi Atamaca di Cile berhasil menemukan sebuah kluster galaksi terbesar di alam semesta sejauh ini.

Galaksi itu berjarak tujuh miliar tahun cahaya dan berukuran dua miliar kali lebih besar dari matahari. Galaksi itu dinamai El Gordo, atau dalam bahasa Spanyol berarti Si Gemuk.

Para astronom melaporkan temuan ini dalam pertemuan Komunitas Astronomi Amerika ke-219, baru-baru ini.  Galaksi tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah besar.

"El Gordo berada dalam jarak sekitar tujuh miliar tahun cahaya. Dengan meneliti dan memahami El Gordo maka kita bisa memahami waktu struktur evolusi alam semesta," kata Profesor Jack Hughes, dari Universitas Rutger, kepada BBC.

Dua kali lebih besar dibandingkan galaksi sejenis dalam jarak yang sama, kata Hughes, El Gordo mewakili sebuah kluster galaksi yang baru separuh terbentuk. "El Gordo masih akan terus berkembang," tegas dia.

Menurut Hughes, cahaya yang terlihat dari El Gordo diyakini sudah terbentuk sejak 13 miliar tahun lalu, di saat alam semesta baru berusia 650 juta tahun. (*/nok)

0 komentar:

Posting Komentar